menurut anda bagaimana tentang blog ini ?

Senin, 30 April 2012

caci 2


C. Pergelaran Tari Caci                                                                                                    
Tarian Caci awal mulanya dimainkan oleh para pejuang perang untuk merayakan dan mengenang perang. Dewasa ini tarian Caci bagi orang Manggarai dipentaskan untuk memeriahkan acara-acara khusus baik yang bersifat adat maupun tidak, seperti syukuran hasil panen, pentahbisan imam, atau penerimaan tamu adat maupun kenegaraan.
Pertunjukan tarian Caci dibuka dengan tarian Danding atau biasa disebut Tandak Manggarai. Tarian ini dimainkan oleh perempuan dan laki-laki yang membentuk lingkaran. Gerakan penari Danding lebih mirip tari Vera atau tari Sanda Lima. Biasanya penari mendendangkan lagu dengan larik yang memompakan semangat para pemain Caci saat bertanding. Sebelum bertarung, pemain Caci akan melakukan pemanasan otot. Masing-masing pemain menggerakkan badanya mirip gerakan kuda.
Sambil menari, pemain Caci menyanyikan lagu daerah untuk menantang lawannya. Setiap kelompok terdiri dari delapan pemuda, masing-masing mendapatkan kesempatan bertarung menghadapi lawan. Serangan bisa dimulai dengan bertindak sebagai pemukul dan pada kesempatan lain menjadi penangkis. Dengan lincah si penyerang akan menghentakkan pecutnya ke tubuh lawan. Sementara si lawan akan menangkis sabetan pecut. Jika kena, tampak garis merah atau luka memanjang tipis. Luka ini sebagai pembukti bahwa penyerang berhasil. Semua pemain beresiko terkena sabetan pecut.


Perlengkapan
Para pemain bertelanjang dada dan mengenakan pakaian perang berupa celana warna putih bersalut kain adat songke warna hitam yang diikat erat agar tidak lepas saat bertanding. Pada kepala diberi penutup Panggal (semacam tanduk kerbau yang terbuat dari kulit kerbau yang keras dan dilapisi kain warna-warni. Panggal dipasang dikepala sampai menutup sebagian muka dan dilapisi destar atau handuk.
Dipinggang terpasang Lalong Denki (hiasan mirip ekor kuda yang dihiasi bulu ekor kuda panjang) serta pada sisi pinggang terpasang saputangan warna-warni yang digunakan untuk menari setelah atau sebelum dipukul lawan.
Pemukul membawa cambuk yang terbuat dari kulit kerbau yang keras dan ujungnya dari Lempa (kulit kerbau tipis yang dikeringkan) atau bisa diganti dengan Pori (lidi enau yang masih hijau). Sedangkan tameng yang dibawa penangkis terbuat dari kulit kerbau kering yang dipegang pada satu tangan, dan tangan yang lain akan memegang Agang (sekumpulan bambu yang diikat dan dilengkungkan). Tameng dan agang merupakan alat penangkis saat dia dipukul lawan. Wajah ditutupi kain destar sehingga mata masih bisa melihat arah gerakan dan pukulan lawan. Jika dia mampu menangkis pukulan lawan, maka pukulan itu tidak akan mengenai badan mulai dari pinggang sampai kepala. Kalau tidak, dia akan menderita luka. Kalau cambuk mengenai mata maka itu disebut beke (kalah) dan kedua pemain segera diganti.
Si jawara tidak hanya cakap bertarung, tapi juga luwes lomes (menari) dan dere (menyanyi). Itu dimaksudkan untuk menarik

perhatian penonton, terutama gadis-gadis pujaan yang menyaksikan Caci dan Danding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar